Perilaku Ini Ternyata Bisa Memicu Badan Terasa Nyeri dan Pegal

Barangkali Anda adalah salah satu dari banyak orang yang merasa badan mudah nyeri dan pegal. Selama merasakan rasa pegal pada badan Anda tidak tahu penyebab sebenarnya. Kali ini sehat.online akan memberikan informasinya tentang penyebab badan mudah nyeri dan pegal.

Sebenarnya badar bisa pegal karena beberapa faktor, seperti gaya hidup yang kurang sehat, jarang berolahraga, konsumsi obat-obatan, dan terlalu lama duduk. Untuk lebih jelas Anda bisa menyimak penjelasannya, seperti berikut ini.

  • Penyebab pertama adalah penumpukan asam laktat, yaitu asam yang terbentuk di dalam otot ketika seseorang memerlukan banyak energi. Karena endapan asam laktat ini Anda bisa mengalami pegal-pegal di sekujur badan. Biasanya penumpukan asam laktat setelah olahraga atau berlebihan dalam beraktivitas, seperti duduk terlalu lama di hadapan layar komputer.
  • Berikutnya, kelainan pada otot yang meliputi keseleo, kram, dan fibromyalgia atau gangguan pada otak untuk menerima sinyal rasa sakti. Dengan begitu Anda akan mengalami nyeri muskoskeletal serta peradangan otot.
  • Demam. Saat Anda mengalami demam maka tubuh secara langsung akan menghasilkan zat prostaglandin. Zat ini berdampak pada tubuh mengalami peradangan atau inflamasi di sekujur tubuh. Kalau sudah terkena inflamasi maka badan mudan nyeri dan pegal.
  • Tidak hanya demam saja yang memengaruhi nyeri dan pegal pada tubuh. Ternyata stres atau gangguan kesehatan mental bisa menyebabkan badan mudah nyeri dan pegal. Sadar atau tidak, seseorang yang memiliki beban pikiran merasa tegang karena berbagai masalah. Dampak dari kondisi tersebut membuat mereka mudah pusing, panik, dan stres. Dalam kondisi tegang, otot di dalam tubuh kita ikut menegang sehingga kalau terlalu lama mengalami tekanan pada pikiran berdampak pada tubuh.
  • Konsumsi obat-obat tertentu juga bisa memengaruhi kondisi pegal dan nyeri pada tubuh. Bagi Anda yang mengonsumsi obat anti kolesterol bisa menyebabkan efek samping berupa badan pegal.

Begitu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan kali ini. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kesehatan silakan kunjungi sehat.online. Sekian dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*